Jumat, 01 Juni 2012

PROPOSAL PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR


A.    Nama Organisasi
“ Pusat Sumber Belajar SDN Siwalankerto IV/547 Surabaya”
B.  Latar Belakang
Sesuai dengan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alenia ke-4 menyatakan bahwa negara bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam upaya mewujudkan tujuan yang dimaksud, setiap warga negara memiliki hak untuk mandapatkan pengajaran (pasal 31 ayat 1 UUD 1945). Dan dalam pasal 1 no 20 Undang-undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebut bahwa “pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.” Kebijakan-kebijakan tersebut menjadi dasar bagi lembaga pendidikan untuk menciptakan dan mengembangkan seluas-luasnya sebuah konsep pendidikan yang sesuai dengan kemajuan jaman agar dapat bersaing ditengah-tengah tantangan global.
Dewasa ini kita hidup di era teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, di era globalisasi ini kita harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan yang ada jika tidak ingin ketinggalan zaman. Kemajuan teknologi di kalangan masyarakat ditandai dengan banyaknya alat-alat elektronik seperti televisi, handphone, radio dan alat-alat elektronik lainnya. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga terjadi di dunia pendidikan. Kurikulum pendidikan yang memasukkan TIK sebagai satu mata pelajaran, merupakan bukti bahwa kemajuan teknologi mempengaruhi pendidikan di negara kita.
Teknologi komputer merupakan kemajuan teknologi yang bertaraf canggih, bahkan menjadi suatu karakteristik yang tidak bisa diabaikan dalam keseluruhan hidup modernisasi dan akselerasi dewasa ini dan masa depan. Penggunaan komputer sebagai alat bantu dalam pemrosesan data dan pembuatan keputusan manajerial bukan lagi sebagai kebutuhan mendesak melainkan juga menjadi keharusan mutlak bagi semua tingkat manajemen.
Saat ini komputer digunakan di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Diperkirakan dan sudah pasti bahwa pendidikan pada masa mendatang akan lebih banyak kegiatan yang mendayagunakan komputer dalam proses pembelajaran. Keberadaan komputer juga sudah tidak asing lagi. Bagi anak-anak yang berada di kota atau sekolah di sekolah paforit dengan sarana dan prasarana yang memadai, mereka sudah mengenal komputer dan sedikitnya bisa menggunakan komputer. Namun belum tentu bagi anak yang berada di desa atau daerah-daerah yang terpencil, karena sarana dan prasarana yang belum memadai, sehingga pengetahuan mereka lebih rendah.
Sesuai dengan Permendiknas RI Nomor 24 Tahun 2006, maka kami dari pihak sekolah berusaha untuk meningkatkan kwalitas output terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Pendidikan inipun kami peruntukan baik bagi para pendidik maupun para siswanya. Adapun bagi para siswa peningkatan keterampilan tersebut dilakukan pada mata pelajaran TIK dan pelaksanaannya tetap pada jam sekolah berlangsung.
Kami berpendapat meskipun sekolah kami bukan sekolah yang diunggulkan tetapi kami berusaha menjadi yang terbaik terutama bagi siswa SDN Siwalankerto IV/547 Surabaya ke depannya.  Terwujudnya sekolah yang unggul dan kompetitif, cerdas dan berbudaya, berdasarkan iman dan Taqwa.
C. Visi :
Membentuk generasi muda yang berprestasi, berilmu pengetahuan luas, berteknologi tinggi, kreatif dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan iman dan taqwa.
D.    MISI:
a.  Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
b. Mencitakan suasana yang kondusif untuk membentuk kepribadian peserta didik yang memiliki iman dan taqwa
c. Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK, Bahasa dan membina prestasi
d. Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
e.  Meningkatkan kedisiplinan dan kepedulian sosial siswa.
f. Membudayakan kegiatan 7S yaitu senyum, salam, sapa, sopan, santun, semangat dan sepenuh hati pada seluruh warga sekolah
E. TUJUAN UMUM SEKOLAH
a.       menyediakan berbagai buku ilmu pengetahuan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar
b.      membantu menumbuhkan pengetahuan siswa tentang ilmu pengetahuan dalam membaca
c.       meningkatkan inovasi fasilitas pembelajaran dengan pembuatan laboratorium pembelajaran
d.      membentuk pribadi peserta didik yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan, dan berbudi pekerti luhur
e.       memotivasi peserta didik untuk belajar mengenal dan menerapkan kemajuan teknologi informasi
F. BENTUK PENGELOLAAN
     Bentuk pengelolaan organisasinya adalah Organisasi Desentralisasi yang
     indenpenden (pola Terpisah).
     Yaitu : pola organisasi model klasik, setiap unit berdiri sendiri, tetapi secara    
                 bersama-sama menghadapi problema. Problema dan pengaruh dari luar.
     Kelebihan dari pola ini yaitu tiap bagian berdiri sendiri tanpa terikat oleh peraturan dari bagian lain, sehingga bagian tersebut dapat diatur sebaik mungkin untuk mendapatkan ruang yang nyaman. Namun dilain pihak dengan ruang yang terpisah lebih banyak tenaga yang dibutuhkan dan pengamanan yang lebih. Karena tiap bagian berdiri sendiri secara terpisah, baik administrasi maupun fisik, maka agak sulit dikontrol dan memerlukan tenaga pengamanan yang lebih banyak.
G.    PROGRAM.

Rincian Program Kegiatan Sekolah
1.  Meningkatkan Efisiensi tatap muka setiap hari
2.  Pengembangan pola belajar tuntas dengan program remedial dan pangayaan.
3.  Pengembangan Model Pembelajaran MIPA Bilingual
4.  Penambahan jumlah jam tatap muka :
5.  Masuk jam ke nol
6.  Les sore
7.  Peningkatan ketaqwaan (kajian agama pagi)
8.  Pengembangan penilaian budi pekerti dengan norma yang jelas
9.  Peningkatan kuantitas dan kualitas kegiatan keagamaan
11. Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Ekstrakurukuler
12. Peningkatan kemampuan Professional Kepala Sekolah dan Guru
13. Peningkatan prasarana / sarana sekolah
14.Peningkatan ruang kelas yang representatif
15.Peningkatan kualitas fungsi 4 laboraturium dan perpustakaan
16.Peningkatan kualitas fungsi sekolah
17.Pengadaan sanggar pramuka dan ruang UKS
18.Peningkatan fungsi dinding luar kelas sebagai wahana pembelajaran
19.Peningkatan sarana kebersihan per kelas.
20.Peningkatan fungsi warung hidup, apotek hidup, kolam dan perternakan ayam, kebun pisang, rambutan dan taman sekolah secara optimal.
21.Peningkatan kualitas kebersihan WC dan kamar mandi.
22.Peningkatan keamanan dengan meningkatkan partisipasi masyarakat (swakarsa mandiri)     
     Prestasi Sekolah Yang Diharapkan
a.       Prestasi Akademik :
•  Unggul dalam Pencapaian Target dan Rata-rata Daya Serap
•  Unggul dalam Lomba Akademik
•  Unggul dalam Lomba Non Akademik
•  Unggul dalam Penelitian Siswa
b.      Prestasi Non Akademik
•  Unggul dalam Berbagai Seni
•  Unggul dalam berbagai Olah Raga
•  Unggul dalam kegiatan Agama
•  Unggul dalam berilmu teknologi
•  Unggul dalam Kepramukaan
Program kegiatan ekstrakurikuler khususnya di bidang teknologi dan informasi di SDN Siwalankerto IV/547 merupakan program yang diunggulkan selain peningkatan di bidang ilmu pengetahuan dan ketaqwaan.
SDN Siwalankerto IV/547 dalam hal ini melaksanakan pembinaan dan pengembangan teknologi computer sesuai dengan teknologi saat ini.
H.    SARANA DAN PRASARANA
Sarana dan prasarana yang dimaksud adalah          

1.      Gedung Bertingkat 2
2.   Memiliki Ruang sebanyak :
     a. 10 Ruang Kelas
     b. 1  Ruang Kantor Kep_Sekolah
     c. 1  Ruang Guru
     d. 1  Ruang Lab.Komputer
     e. 1  Ruang Lab. IPA
     f.  1 Ruang Perpustakaan
     g. 1 Ruang UKS
3.      Memiliki Jaringan Internet
      4.   Memiliki 3 WC Murid & 5 WC Guru
      5 Memiliki 1 Kantin Sehat
      6.   Memiliki 1 Kantin Kejujuran
      7.   Memilki 1 buah gudang
8.   Lapangan Parkir
      9.   Meja pelayanan pengguna (front office)
 10.  TV Monitor;
 11.  Perangkat computer sejumlah yang diperlukan
 12.  Mesin Photo Copy sesesuai kebutuhan
 13.  Laptop sesuai kebutuhan
 14.  LCD sesuai kebutuhan
 15.  Scanner sesuai kebutuhan
 16.  Printer sesuai kebutuhan
     17.  Kamera digital sesuai kebutuhan
     18.  Peralatan Audio sesuai kebutuhan
     19.  Handycam sesuai kebutuhan
1.         Head Set sesuai kebutuhan
2.         Tiruan anatomi manusia sesuai kebutuhan
3.         Tiruan anatomi bermacam-macam binatang
4.         Berbagai jenis tanaman
5.         Microscope sesuai kebutuhan
6.         Berbagai macam pesawat sederhana
7.         Gelas ukur sesuai kebutuhan
8.         Timbangan sesuai kebutuhan
9.         Gelas reaktor sesuai kebutuhan
10.     Globe
11.     Berbagai macam peta
12.     Replika gunung meletus
13.     Berbagai macam fnsil
14.     Rumah adat
15.     Pakaian adat
16.     Berbagai macam bentuk/tiruan suku bangsa
17.     Software penghitungan laba rugi perbankan
18.     Berbagai macam bentuk mata uang dunia
19.     Daftar harga beli dan harga jual mata uang asing terhadap rupiah
20.     DVD, CD untuk media pembelajaran
 
G.    STRUKTUR ORGANISASI/PERSONALIA

………………………………………..
………………………………………..


H. DESKRIPSI TUGAS PESONALIA
     Unsur yang terdapat dalam organisasi sekolah adalah :
     Unsur kepemimpinan
     Unsur kepemimpinan di sekolah terdiri dari kepala sekoalh dan wakil kepala   
     sekolah.
     Adapun tugas kepala sekolah adalah :
1)   Merencanakan, menyusun, membimbing,dan mengawasi kegiatan admnistrasi pendidikan sesuai dengan kebikjakan yang telah ditetapkan.
2)   Mengintegrasi dan mengkoordinasi kegiatan dari unit-unit kerja yang ada dilingkungan sekolah.
3)    Menjalin hubungan dan kerja sama dengan orang tua siswa, lembaga-lembaga pemerintah dan masyarakat.
4)   Melaporkan pelaksanaan dan hasil-hasil pelaksanaan kegaiatan admnistrasi di sekolah kepada atasannya langsung.
     Wakil Kepala Sekolah membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sbb:
    1. Penyusunan rencana, pembuatan program kegiatan dan program pelaksanaan
    2. Pengorganisasian
    3. Pengarahan
4. Ketenagakerjaan
5. Pengkoordinasian
6. Pengawasan
7. Penilaian
8. Identifikasi dan pengumpulan data
9. Pengembangan keunggulan
10. Penyusunan laporan
     URUSAN KURIKULUM
1.       Menyusun dan menjabarkan Kalender Pendidikan
2.       Menyusun Pembagian Tugas Guru dan Jadwal Pelajaran
3.       Mengatur Penyusunan PRogram Pengajaran (Program Semester, Program Satuan Pelajaran, dan Persiapan Mengajar, Penjabaran dan Penyesuaian Kurikulum)
4.       Mengatur pelaksanaan program penilaian Kriteria Kenaikan Kelas, Kriteria Kelulusan dan Laporan Kemajuan Belajar Siswa serta pembagian Raport dan STTB
5.       Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan
6.       Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
7.       Mengatur Pengembangan KKG dan Koordinator mata pelajaran
8.       Mengatur Mutasi Siswa
9.       Melaksanakan supervisi administrasi dan akademis
10.   Menyusun Laporan
     URUSAN KESISWAAN
1.       Mengatur pelaksanaan Bimbingan Konseling
2.       Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kesehatan dan Kerindangan)
3.       Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi: Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Paskibra
4.       Mengatur pelaksanaan Kurikuler dan Ekstra Kurikuler
5.       Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah
6.       Menyelenggarakan Cerdas Cermat, Olah Raga Prestasi
7.       Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa
     URUSAN SARAN DAN PRASARANA
1.       Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar
2.      Merencanakan program pengadaannya
3.       Mengatur pemanfaatan Sarana Prasarana
4.       Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian
5.       Mengatur pembakuannya
6.       Menyusun laporan
     URUSAN HUBUNGAN MASYARAKAT
1.       Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan komite dan peran komite
2.       Menyelenggarakan bakti social, karyawisata
3.       Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah (gebyar seni)
4.       Menyusun laporan
      Unsur Tata Usaha
Kegiatan tata usaha ini antara lain meliputi pekejaan surat-menyurat dan kearsipan,pelaksanaan pengusulan pegawai, pengurusan kenaikan pangkat, kesejahteraan pegawai. Tugas dari kepala tata usaha antara lain:
1.  Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
2.  Pengelolaan keuangan sekolah
3.  Pengurus administrasi ketenagaan dan siswa
4.  Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
5.  Penyusunan administrasi perlengkapan
6.  Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah
6.  Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K
      7. Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketata usahaan secara
     berkala
Unsur Urusan
     Unsur urusan merupakan bgian dari organisasi sekolah yang dijabat oleh guru, tugasnya adalah membantu penyelenggaraan kegiatan administrasi pendidikan sekolah dalam bidang-bidang pengajaran,kesiswaan, bimbingan dan penyuluhan, pengabdian dan kurikuler


Unsur Instalasi
Instalasi membantu kegiatan administrasi pendidikan disekolah dengan jalan menyediakan layanan penunjang kegiatan belajar-mengajar disekolah. Unsur instalasi ini meliputi perpustakaaan, laboratorium, bengkel kerja (workshop) serta asrama.
Tugas dari pustakawan sekolah:
1.  Perencanaan pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronik
2.  Pengurusan pelayanan perpustakaan
3.  Perencanaan pengembangan perpustakaan
4. Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku / bahan pustaka / media elektronika
5.  Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku / bahan pustaka / media
     elektronika
6. Melakukan layanan bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya, serta
     masyarakat
7.  Penyimpanan buku perpustakaan / media elektronika
8.  Menyusun Tata tertib perpustakaan
9.  Menyusun Laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala
Pengelola Laboratorium memiliki tugas:
1. Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
2. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium
3.  Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
4.  Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium
5.  Inventarisasi dan pengadministrasian peminjam alat-alat laboratorium
6.  Menyusun laporan pelaksanaan kagiatan laboratorium
Unsur Pelaksana
Unsur pelaksana secara langsung melaksanakan proses belajar-mengajar disekolah. Unsur pelaksana ini meliputi ketua jurusan, guru bidang studi, guru kelas dn wali kelas.

Tugas dari guru mata pelajaran antara lain:
1.  Membuat Perangkat Pembelajaran
2.  Melaksanakan kegiatan pembelajaran
3.  Melaksanakan kegiatan Penilaian Proses Belajar, Ulangan Harian, Ulangan Umum, Ujian Akhir
1.  Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
2.  Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
3.  Mengisi daftar nilai siswa
4.  Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada
     guru lain dalam proses kegiatan belajar mengajar
5.  Membuat alat pelajaran / alat peraga
6.  Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
7. Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
8. Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
9.  Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung
     jawabnya
10. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar
11. Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran
12. Mengatur keberhasilan ruang kelas dan pratikum
13.Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan perangkatnya
Tugas dari wali kelas adalah:
1.  Pengelolaan kelas
2. Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi : Denah tempat duduk siswa,
    Papan absensi siswa, Daftar pelajaran kelas, Daftar piket kelas, Buku absen      
    si siswa, Buku kegiatan pembelajaran/buku kelas, Tata tertib siswa, pem-  
    buatan statistik bulanan siswa
3. Pengisian daftar kumpulan nilai (legger)
4. Pembuatan catatan khusus tentang siswa
5. Pencatatan mutasi siswa
6. Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
7. Pembagian buku laporan hasil belajar
Tugas dari guru bimbingan dan konseling :
1. Penyusunan program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling
2.  Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah
     yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar
3.  Memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi
     dalam Kegiatan belajar
4. Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gam
     baran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
5. Mengadakan penilaian pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan
6. Menyusun Satatistik hasil penilaian B.K
7. Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
8. Menyusun  dan  melak sanakan program tindak lanjut Bimbingan dan Kon
    seling
9. Menyusun laporan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
Siswa
Siswa merupakan fokus kegiatan layanan disekolah. Dikatakan demikian karena semua kegiatan yang dilakukan oleh setiap unsur dalam organissasi sekolah bermuara pada siswa sebagai peserta didik.
PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun dengan harapan semoga mendapat perhatian dan dukungan dari berbagai pihak sehingga seluruh program yang tercantum dalam proposal ini dapat terealisasi dengan baik yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan mutu pengajaran dan kualitas pemahaman peserta didik khususnya di lingkungan SDN Siwalankerto IV/247 Surabaya sebagaimana yang kita-cita-citakan bersama.

0 komentar:

Posting Komentar